SOSIALISASI PEMANFAATAN KATALOG ELEKTRONIK LOKAL DALAM RANGKA PERCEPATAN PENGGUNAAN PRODUK DALAM NEGERI

Bagian PBJ – PT. Primadata Solusindo bekerja sama dengan Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setda Kudus mengadakan sosialisasi di Hotel Griptha Kudus (11/10). Peserta sosialisasi dihadiri Perangkat Daerah Pemkab Kudus dan juga beberapa vendor atau penyedia.

Sosialisasi bertujuan memberikan pemahaman mengenai mandat pemerintah pusat terkait dengan penggunaan aplikasi katalog elektronik lokal dan peningkatan penggunaan produk dalam negeri. Menyamakan persepsi dalam melaksanakan peningkatan penggunaan produk dalam negeri dan pemanfaatan katalog elektronik lokal.

Tjipto Prasetyo Nugroho selaku narasumber, menyebut Perpres Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah telah mengamanatkan agar kementerian/lembaga/pemerintah daerah (K/L/PD) meningkatkan belanja produk dalam negeri. Memperbesar porsi belanja untuk usaha kecil, mikro dan koperasi (UMK-Koperasi) serta percepatan belanja APBN/APBD melalui Katalog Elektronik.

"Dari kebijakan Presiden tersebut, diamanatkan bahwa 40 persen belanja dialokasikan untuk UMK-koperasi," pungkas Tjipto yang juga sebagai Pengelola Pengadaan Barang/Jasa Madya Direktorat Advokasi Pemerintah Daerah Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Senada dengan Tjipto, Bupati Kudus dalam sambutannya menyampaikan Pemkab Kudus baru mencapai 22 persen dari 40 persen yang ditargetkan pemerintah pusat.

“Sebenarnya target kita 45 persen dari target minimal 40 persen pemerintah pusat. Sekarang ini yang ada hanya 22 sekian persen yang sudah terealisasi, ini permasalahannya apa mungkin terkait termin penyerapan anggaran yang juga belum sepenuhnya terealisasi. Harapan kami percepatan segera terealisasi,” ungkap Hartopo.