Sosialisasi Dan Pelatihan Pengadaan Barang/Jasa Melalui Toko Daring-Belanja Langsung (Bela Pengadaan)

Bagian PBJ – Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setda Kabupaten Kudus terus berupaya untuk melakukan optimalisasi Belanja Perangkat Daerah. Bagian PBJ bekerjasama dengan Mbizmarket mengadakan Sosialiasi dan Pelatihan Pengadaan Barang/Jasa melalui Toko Daring-Belanja Langsung (Bela Pengadaan) Pemerintah Kabupaten Kudus di Hotel @home Kudus tanggal 26-27 Juli 2023.

Bela Pengadaan adalah aplikasi yang dikelola oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP) melalui kerja sama dengan Penyelenggara Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PPMSE) atau e-Marketplace. Bela Pengadaan menawarkan kemudahan dalam belanja pemerintah serta mendorong pertumbuhan Usaha Mikro dan Usaha Kecil. Aplikasi ini khusus digunakan oleh K/L/PD untuk melakukan Pengadaan Langsung Barang/Jasa Produk Dalam Negeri melalui Usaha Mikro dan Usaha Kecil dengan nilai paling banyak Rp. 50 juta rupiah.

Saat ini terdapat 24 marketplace yang telah bergabung dalam Bela Pengadaan seperti Bhinneka, BukaPengadaan, Grab, MbizMarket, Digitalimaji dan lainnya yang menyediakan berbagai keperluan Pemerintah antara lain Angkutan, Makanan, Kurir, Alat Tulis Kantor, Souvenir dan Furniture.


Sosialisasi dan Pelatihan Toko Daring difasilitasi oleh Mbizmarket selaku e-marketplace pengadaan barang/jasa dan bekerja sama dengan beberapa vendor lain. “Pelatihan diikuti peserta dari OPD yang terdiri Pejabat Pembuat Komitmen 71 orang, Bendahara 74 orang dan Pejabat Pengadaan 61 orang pada masing – masing Perangkat Daerah,” ujar Doni Tondo Setiaji, Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa saat menyampaikan laporan penyelenggaran kegiatan.


Sebagaimana Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2022 Diktum Kedua Nomor 27 b dan c bahwa para Gubernur, Bupati dan Walikota untuk mendorong percepatan produk dalam negeri dan/atau produk Usaha Mikro, Usaha Kecil, dan Koperasi pada masing-masing daerah untuk tayang dalam Katalog Lokal atau Toko Daring serta memerintahkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk belanja produk dalam negeri melalui Katalog Lokal atau Toko Daring.


“Dengan adanya Sosialisasi dan Pelatihan ini diharapkan seluruh Perangkat Daerah mempunyai kesamaan pemahaman dalam bertransaksi melalui Toko Daring Mbizmarket, sehingga masing-masing pihak paham dan tidak ada kesalahan dalam mengoperasikan Aplikasi Toko Daring-Bela Pengadaan. Harapan kami, setelah mengikuti sosialisasi dan pelatihan ini, Perangkat Daerah dapat segera melakukan transaksi Toko Daring melalui Mbizmarket.” tutur Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kabupaten Kudus Drs. Jadmiko Muhardi Setiyanto membuka kegiatan tersebut. (Masta-LPSE)