Kolaborasi Bagian PBJ Setda Kabupaten Kudus dan MbizMarket untuk meningkatkan Belanja Langsung melalui Toko Daring

Bagian PBJ - Mbizmarket merupakan salah satu mitra resmi dan terdaftar di Toko Daring. Sejak 2020, Mbizmarket hadir untuk menjawab tantangan dalam proses pengadaan Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten, Pemerintah Kota, Kementerian, dan Lembaga di Indonesia, sampai saat ini sudah ada 32 provinsi, 178 kabupaten/kota yang menggunakan Mbizmarket.


Pencapaian tersebut menjadikan Mbizmarket sebagai platform dengan kontribusi terbesar pada pengadaan Pemerintah Daerah yang dilakukan melalui Toko Daring.


Mbizmarket selaku Penyelenggara Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PPMSE) mitra Toko Daring terus melakukan sosialisasi pemanfaatan Toko Daring agar mempermudah bagian pengadaan barang/jasa melaksanakan pengawasan, evaluasi, pelaporan pelaksanaan secara elektronik, serta lebih akuntabilitas. "Kali ini kami sowan disini, supaya Kudus juga menjadi salah satu pemerintah daerah yang menggunakan mbizmarket," kata Andreas Bayu Anggara, Team Leader Central Java Area Mbizmarket, ketika menjadi narasumber pada Sosialiasi dan Pelatihan Pengadaan Barang/Jasa melalui Toko Daring-Belanja Langsung (Bela Pengadaan) Pemerintah Kabupaten Kudus di Hotel @home Kudus tanggal 26-27 Juli 2023).


Dia mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk selalu melakukan inovasi, terutama dalam memberikan kemudahan dalam mendukung pengadaan barang dan jasa di lingkungan pemerintah dengan mengikuti dan mengakomodasi tuntutan perubahan yang terjadi. "Awalnya kenapa muncul Mbizmarket, beberapa tahun kebelakang pada tahun 2020 muncul pandemi, Provinsi Jawa Barat bekerja sama dengan mbizmarket untuk bisa mengalihkan belanja pengadaan yang sebelumnya dilakukan secara tatap langsung, dialihkan secara digital, mau tidak mau karena pandemi semua transaksi tidak bisa dilakukan secara tatap muka langsung, akhirnya Mbizmarket menjawab kebutuhan tersebut, jadi kami lahir untuk menjawab kebutuhan pengadaan barang/jasa khususnya di pemerintah daerah," tambah Andreas.


Adelia Wijayanti Putri salah satu narasumber dari Team Leader Central Java Area Mbizmarket pada sesi waktu yang lain menjelaskan Alur Pendaftaran Penjual dan Alur Transaksi di Mbizmarket sebagaimana gambar di bawah.

Gambar 1. Alur Pendaftaran bagi Penjual atau Pelaku Usaha yang ingin menjual produknya melalui Mbizmarket

Gambar 2. Tata cara bertransaksi di Mbizmarket