Sosialisasi dan Pelatihan Aplikasi SPSE v4.4 bagi Penyedia Barang/Jasa

Bagian PBJ - Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setda Kabupaten Kudus menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi dan Pelatihan Aplikasi SPSE v4.4 bagi Penyedia Barang/Jasa di Ruang Rapat Lantai IV. Gedung A Setda Kab. Kudus.

Sebagaimana diketahui bersama, bahwa selama ini proses pengadaan barang/jasa di lingkungan pemerintah merupakan kegiatan yang rentan terjadinya praktik KKN. Hal inilah yang kemudian menjadi salah satu penyebab utama rendahnya tingkat kepercayaan publik terhadap kinerja aparat pemerintah, terutama dalam hal proses pengadaan barang/jasa.

Pemerintah pun terus berupaya melakukan berbagai pembenahan dari waktu ke waktu, terkait regulasi ataupun sistem yang digunakan. Tentunya adalah untuk menciptakan iklim yang kondusif bagi persaingan, efisiensi belanja, dan percepatan pelaksanaan anggaran, aturan, sistem, metode dan prosedur yang lebih sederhana sesuai dengan prinsip Good Governance.

Dalam rangka itulah Pemerintah Kabupaten Kudus melalui Bagian Pengadaan Barang dan Jasa melakukan updating aplikasi SPSE. Yang semula adalah aplikasi SPSE versi CA, yaitu Aplikasi SPSE dengan metode enkripsi dokumen penawaran menggunakan SPAMKODOK, update menjadi Aplikasi SPSE versi 4.4 yang telah dilengkapi dengan fitur-fitur tambahan terkait pengamanan akun yang lebih baik. Langkah ini tentu telah dikordinasikan secara intensif dengan Tim Teknis LKPP.

Langkah updating ini, diharapkan akan dapat meminimalisir kendala yang sebelumnya ada dan proses pengadaan barang/jasa dapat diselenggarakan dengan lebih baik, lebih transparan dan akuntabel.

“Saya berharap, sosialisasi ini dapat diikuti dengan sebaik-baiknya, agar nantinya tercipta pemahaman yang sama antara seluruh pengguna SPSE yang diantaranya adalah Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Pejabat Pengadaan (PP) dan Penyedia Barang/Jasa,” tutur Dwi Agung Hartono, SE Plt. Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kabupaten Kudus mewakili Bupati Kudus dalam sambutannya. (Masta-LPSE)